Apa itu Desainer Grafis?



Desainer grafis atau disebut juga perancang grafis menggunakan elemen visual untuk mengomunikasikan pesan melalui media elektronik dan cetak. Mereka biasa merancang koran dan majalah, website, kemasan barang, video game, serta menampilkan iklan dan materi pemasaran. desainer grafis biasa bekerja untuk perusahaan periklanan, penerbitan dan perusahaan desain. Beberapa diantaranya bekerja secara freelance, yang berarti mereka bekerja dari satu orang ke yang lain, biasanya untuk klien yang berbeda.

Seorang desainer grafis harus selalu mengikuti tren baru dalam hal desain dan perubahan selera para konsumen. Dia juga harus tetap selalu update terhadap adanya perangkat lunak / software baru. Banyak vendor perangkat lunak menawarkan sertifikasi untuk desainer yang sebelumnya telah dilatih untuk menggunakan program tersebut.


Adakah Syarat Khusus Menjadi Desainer Grafis?

Selain pendidikan formal dan keterampilan teknis, desainer grafis juga perlu kemampuan tertentu, atau kualitas individu, agar berhasil dalam bidang pekerjaan ini.

Seorang desainer grafis harus menjadi komunikator yang baik dan karena itu diperlukan kemampuan mendengarkan, menulis dan keterampilan berbicara yang baik. Mereka juga harus memiliki pemikiran kritis, baik dalam keterampilan pemecahan masalah serta kemampuan untuk membuat keputusan. Karena seorang desainer grafis adalah anggota dari tim, maka dia harus mampu berkoordinasi dengan baik dengan rekannya yang lain. Dengan pengalaman yang cukup, seorang desainer grafis dapat naik jabatan loh sebagai kepala desainer atau art director.


Apa Saja Yang Dilakukan Oleh Desainer Grafis?

- Menerima arahan dari manajer kreatif dan desainer grafis senior untuk menyelesaikan desain seperti yang diperintahkan.

- Membuat grafik , chart dan peta yang mendukung visual serta melengkapi cerita editorial.

- Mengatur proyek desain yang kompleks dari awal sampai akhir.

- Menunjukkan perhatian penuh terhadap detail dan kualitas dengan dibatasi tenggat waktu yang dapat dibilang menantang.

- Berpartisipasi dan berkontribusi untuk tim interdisipliner termasuk diantaranya desainer lain, pengembang, dan manajer pengembangan, dengan tujuan memperbaiki gaya visual suatu proyek.



 Source:indeed.com
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
Thanks for your comment