Laptop atau Netbook?

Laptop atau Netbook? 

 

 


Ketika ingin membeli komputer portabel, kawan mungkin akan ditawarkan pilihan antara membeli laptop atau netbook. Di bawah ini adalah tabel yang membandingkan keduanya dan memberikan pro dan kontra agar membantu kawan mudah dalam membeli.

Topik
Laptop
Netbook


Harga

Laptop memiliki fitur yang lebih beragam daripada netbook, dan biaya produksinya juga lebih mahal. Jika harga merupakan faktor penting, netbook mungkin menjadi pilihan yang lebih baik.


Netbook harganya terjangkau karena jauh lebih kecil dan komponennya lebih sedikit.


Prosesor

Meskipun ada juga laptop yang harganya murah, prosesor dari kebanyakan laptop jauh lebih baik daripada prosesor yang ditemukan di sebagian besar netbook.

Prosesor adalah salah satu komponen paling mahal pada komputer. Oleh karena itu, prosesor pada netbook biasanya prosesor low-end. Hal ini dapat menurunkan kepuasan kamu disaat sedang melakukan aktivitas seperti menonton film atau bermain game.




Ukuran Keyboard

Laptop yang lebih besar tentu menggunakan keyboard yang lebih besar pula, sehingga lebih mudah untuk mengetik bagi pengguna yang ingin mengetik banyak tulisan.


Karena ukurannya yang kecil, netbook memiliki keyboard yang lebih kecil pula. Jika kamu perlu mengetik banyak, pastikan untuk sering menggunakannya agar terbiasa. Beberapa pengguna membutuhkan waktu mengetik yang sangat lama saat menggunakan netbook.



Transportasi

Karena ukurannya yang lebih besar, membawa laptop sangat membebani sebagian penggunanya.

Dengan ukurannya yang jauh lebih kecil, netbook jauh lebih mudah untuk dibawa, khususnya bagi para wanita.


Ukuran Layar

Laptop memiliki ukuran layar jauh lebih besar dari netbook. Sehingga lebih mudah untuk dibaca dan dilihat.


Netbook memiliki layar yang jauh lebih kecil. Sehingga akan lebih sulit untuk dibaca dan dilihat.




Drive Optik

Seperti komputer pada umumnya, hampir semua laptop dilengkapi dengan drive optik yang mampu membaca dan membakar file ke CD atau DVD.


Banyak netbook yang tidak terdapat drive optik di dalamnya. Jika kamu ingin membaca file dari CD atau ingin memutar film menggunakan kaset CD atau DVD, diperlukan drive optik eksternal untuk memutarnya.



Sistem Operasi

Hampir setiap laptop mampu mendukung segala sistem operasi. Itu artinya, kamu dapat menjalankan Windows versi terbaru tanpa ada masalah.

Karena netbook dipreteli guna untuk membantu menurunkan biaya dan hal lainnya, kebanyakan netbook-pun hanya dapat menjalankan sistem operasi seperti Linux atau Windows versi sebelumnya.


KESIMPULAN: 

Laptop memiliki segala yang dibutuhkan sebagai komputer portable. Layar yang lebih lebar dan fasilitas yang lebih lengkap daripada netbook. Namun, jika menginginkan komputer portable yang ringan dan harganya jauh lebih murah, netbook lah solusi yang tepat.

Semoga membantu..:)
Previous
Next Post »
Thanks for your comment