Kita seringkali mendengar apa itu karyawan full-time, part-time dan freelancer. Namun apa maksud dan ciri dari tipe pekerjaan tersebut? Berikut adalah penjelasannya secara global:
Apa itu Karyawan Full-time?
Karyawan full-time (atau disebut juga karyawan penuh waktu) adalah karyawan yang memiliki jam kerja penuh atau waktu jam kerjanya sekitar 35-40 jam per minggunya. Misal dalam satu minggu kita bekerja 8 jam sehari dari Senin - Jumat (5 hari kerja) mulai pukul 9 pagi sampai pukul 5 sore. Jam kerja mungkin berubah atau berbeda dari yang saya tuliskan karena semua itu bisa disepakati antara si pemilik dan karyawan di dalam suatu perjanjian/kontrak.
Keuntungan:
- Bekerja di lingkungan yang terstruktur.
- Upah yang terjamin.
- Cuti tahunan, cuti sakit, dan asuransi kesehatan.
Konsekuensi:
- Kurangnya fleksibilitas. (Diberitahu apa yang harus dilakukan, dan kapan harus melakukannya)
- Adanya anggota tim yang kurang berkompeten.
Apa itu Karyawan Part-time?
Karyawan part-time (atau disebut juga karyawan paruh waktu) adalah karyawan yang memiliki jam kerja kurang dari karyawan Full-time. Seorang karyawan disebut karyawan part-time apabila karyawan tersebut bekerja kurang dari 30-35 jam per minggunya. Karyawan part-time biasanya untuk mengganti pekerjaan utama yang sedang cuti atau hari
libur. Menjadi pramusaji di restoran, penjaga loket di tempat rekreasi, dll. Keuntungan dan konsekuensi hampir sama seperti karyawan full-time di atas. Perbedaan dasar karyawan part-time dengan karyawan full-time adalah:
Keuntungan:
Keuntungan:
- Upah karyawan part-time kadang bisa sedikit lebih tinggi dari karyawan full-time kalau dihitung dari per-harinya.
Konsekuensi:
- Tidak ada banyak ruang untuk berkembang.
Apa itu Freelancer?
Freelancer (atau disebut juga dengan tenaga lepas atau freelance worker) adalah istilah yang biasa digunakan untuk orang yang bekerja sendiri dan tidak harus berkomitmen dalam jangka panjang untuk seseorang/perusahaan tertentu. Bidang yang umum di mana seseorang dapat menjadi freelancer meliputi: jurnalisme, penerbitan buku, penerbitan jurnal, redaktur, pengindeksan, programer komputer, desain grafis, penerjemah, dll.
Keuntungan:
- Dapat memilih pekerjaan yang ingin dilakukan.
- Dapat secara langsung membangun hubungan dengan klien.
- Dapat membuat jadwal/rutinitas sendiri.
Konsekuensi:
- Bekerja di lingkungan yang tidak terstruktur. (tidak ada yang memberitahu apa yang harus dilakukan dan kapan melakukannya)
- Ada kalanya menghadapi klien yang sulit.
- Upah yang kurang terjamin.
- Seringkali dikejar deadline.
Source:wikipedia.org
16 comments
Click here for commentsthanks ilmunya gan :) setiap tipe kerjaan punya kelebihan & kekurangannya tergantung si pekerjanya mau ambil yang mana. :)
BalasIya bener gan. makasih udah berkunjung. :ng
Balasmaaf gan mau sharing nih.. :)
Balasdi tempat kerja sy ada karyawan part time blm lama ini..
dulunya dia sm spt karyawan yg lain , bekerja dr jam 8 smpai jam 4 sore klo sabtu jam 8 smpai jam 1..
tp kmrn dia sempet mau resign dg alasan anak, tp masih dipertahankan di sini ..
terus skrg spesial utk dia dikasih kebijakan masuk pagi pasti lbh dr jam 8 .. entah jam 9 / 10 ..
terus klo istirahat pasti lbh dr 1 jam , antara 1,5 smpai 2 jam tuhh..
klo hari sabtu juga ga ada kewajiban buat brgkt kerja (klo brgkt gaji tidak dipotong meskipun brgkt nya plg cm 3 jam (normal 5 jam).. klo tidak berangkat sm sekali dipotong gaji nya separuh hari)dg alasan di rumah jg bekerja (kerja apa coba..?? nyatanya sabtu sangat jarang sekali ada komunikasi dr dia nya ke kantor) @@,
dan yg menjadi point adalah gajinya tidak ada pengurangan apa pun selain di hari sabtu yg klo tidak berangkat, itupun cuma separuh gaji dlm sehari itu potongannya..
pdhl kryawan yg lain klo trlambat lebih dr 5 menit ada potongan 2.500 ..
padahal sy jg baru aj punya baby , selisih 6 bulan dr org itu lbh dulu sy =(
dan sy tetap mengikuti aturan yg ada .. pdhl rumahnya lebih jauh sy 3 kalinya..
menurut agan gimana sy harus bersikap ?
dia di sini sbg Manager produksi aksesoris, tp setiap briefing jg ga pernah ada
sy yg membanjel tugas"nya klo tidak ada ..
kalaupun ada order mengenai furniture pun dia ga pernah ngurusin ..
hampir semuanya sy yg ngontrol smpai progress tiap minggu nya untuk order furniture..
pdhl posisi sy kasir .. dan sy bukan karyawan tetap , masih kontrak .. pdhl lebih duluan sy jg di sininya.. hikss =(
Maaf gan, curhat banyak .. hihihi =D
sampai bingung mau cari solusi kemana :p
Jangan suka ngeluh.
BalasFokus sama diri sendiri jangan terpaku dengan orang lain.
mkasih ilmunya... : )
BalasBuset...
BalasCoba minta resign,kalo kamu bagus pasti dipertahankan dan diberi fasilitas agar bisa lebih nyaman.
Kalo resign mu diterima, boleh jadi kamu resign karna tidak sesuai usaha dengan pendapatan..
Jangan dengki
Mo sharing juga gan.
BalasSaya bekerja pada perubahan cukup besar sebagai IT. Kusus untuk perawatan dan permasalahan komputer ( hardware ). Walaupun perusahaan itu sdh mempunyai 2 IT tetap.
Saya bekerja hanya 2 Hari setiap minggunya. ( Rabu Dan Jumat ) @ 6 jam perharinya.
Saya bekerja sdh hampir 5 tahun pada perusahaan tersebut.
Yg menjadi pertanyaan Saya :
- dari awal bekerja hingga saat ini proses gaji, tunggu Saya mengajukan invoice.
- apakah Saya juga berhak utk mendapat THR dan bonus ?
- bagaimana utk meminta peninjauan gaji, karna smpai saat ini tdk Ada peningkatan.
Perjanjian awal sebelumnya, Saya hanya membantu perawatan komputer. Dan sekarang malah sdh bukan itu saja, lebih melebar
Terimakasih sebelum
klw thr ( kartap ) itu dapat setiap tahun nya itu wajib . klw bonus tergantu dari kinerja nya , klw soal gaji, ya coba aja di ajukan untuk naik gaji klw jangka waktu sudah 5 tahun bekerja
BalasBiasanya manager lebih banyak ngurusin orang, dan harus berurusan dengan departemen/supplier lain = kalau sampai ada kesalahan dari individu dari departemen lain, kesalahan produksi, keterlambatan atau apapun, yg di salahin managernya = tanggung jawab jauh lebih banyak = lebih stres.
BalasJangan di hitung dari jumlah jam kerja nya. Tanggung jawab & stress kerjanya juga beda banget.
Analoginya:
Manager biasanya bertugas bikin peta untuk cari harta karun. Yang lainnya tinggal terima peta untuk jalanin. Tidak perlu pusing kalau sampe peta nya salah jalan/ hasil harta karunnya salah, karena si pembuat peta yang bertanggung jawab.
Semoga membuka perspektif baru
^^
Mau nanyak gan, ada referensi buku tentang kerja part time nggk? Teori nya atau apalah gitu...
BalasButuh referensi gan..
thanks ilmunya
Balassekop poker
sekop 88
poker 88
poker 88 domino
poker online
capsa online
ceme online
domino online
judi kartu online
http://themonthly.online/?id=25391
BalasSeperti ada di serial apa gitu saya lupa,,, tapi critanya si ibu nya orang itu lagi sakit, dan saat jam 12 tepat ibu itu harus di obati/ apa aku lupa. Dulunya si bos juga merasa ada yang ganjal, namun setelah diselidiki, yah, spt crita diatas, artinya, dia orang yg butuh kerja, butuh uang, tapi juga g tahu harus berbuat apa.
Balasintinya smua jenis pekerjaan yang menghasilkan uang itu capek makanya nyari uang itu ga gampang wkwk
BalasOut Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon